Sejarah Perkembangan Fashion di Dunia

Sejarah Perkembangan Fashion di Dunia

Sejarah Perkembangan Fashion di Dunia

Smackery – Manusia sudah mengenal fashion dari berabad-abad lalu. Diawali dengan pakaian-pakaian sederhana yang terbuat dari kulit kayu ataupun kulit binatang. Kemudian seiring dengan perkembangan peradaban manusia, maka cara berpakaian mereka pun semakin berubah dan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelumnya. Manusia mulai mengenal kain dan menciptakan sebuah baju yang lebih layak dan lebih bisa melindungi mereka dari cuaca.

Sejarah Fashion Dari Eropa

Masyarakat di Eropa dan Amerika sangat perhatian dengan dunia fashion dan perkembangan nya. Pada awalnya fashion disana hanya menitikberatkan kepada pakaian untuk pria namun seperti dilihat bahwa perkembangan fashion wanita lebih cepat dibandingkan dengan fashion pria. Fashion wanita juga kental dengan pengaruh image kecantikan.

1. Histoire De La ModeHistoire De La Mode

Fashion selalu berkembang sesuai zaman. Dunia fashion tidak mudah untuk diprediksi. Tiap generasi, tiap dekade, tiap tahun dan bahkan tiap musim memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda. Tak terbayang begitu melelahkannya mereka yang begitu obsesif mengikuti perkembangan mode. Maksudnya setiap ada pergantian mode selalu diikuti. Tidak jarang banyak orang yang menjadi korban mode. Yang paling menyedihkan lagi jika hidupnya tidak mementingkan hal- hal lain selain fashion karena prinsipnya “life is all about fashion”. Sebenarnya jika dicermati, tren mode hanya berputar.

2. History of The Flapper DressHistory of The Flapper Dress

Tahun 2000 an menjadi salah satu titik kebangkitan serta emansipasi kaun hawa di dalam dunia fashion yang semakin hari semakin mewarnai penampilan kita hingga saat ini. Salah satu model pakaian yang paling menonjol dalam tahun kebangkitan itu adalah flapper dress. Beragam arti pun tersimpan dalam pengertian flapper.

  • Pertama, flapper diartikan seekor anak burung yang sudah ditumbuhi bulu-bulu halus dan sedang belajar mengepakan sayap untuk terbang.
  • Flapper juga dimaknai sebagai seorang wanita dalam masa tanggung (belum dewasa, namun sudah bukan anak-anak lagi).
  • Makna lainnya, flapper juga digambarkan sebagai seorang wanita muda yang berkesan mandiri, bebas, sensual, berani dengan tantangan, dan ceria.

Flapper sendiri kemudian merepresentasikan gaya busan dengan gaun yang mini atau pakaian mini dengan dipadukan Bersama sepatu boots longgar dan berbunyi “ flap “ saat digunakan untuk berjalan. Kemudian, flapper juga menjadi istilah yang digunakan untuk menyebut dress yang sampai saat ini masih popular.

3. Panjang Rok Di tahun 20anPanjang Rok Di tahun 20an

Panjang rok wanita sudah mulai naik hingga sebetis (sudah gak selalu panjang hingga menyentuh lantai). Modifikasi panjang rok ini pun terus berubah-ubah hingga di sekitar tahun 1926-1928 panjang rok setinggi lutut pun muncul dan menjadi rok terpendek dalam sejarah. Karena itulah, pada umumnya panjang dari flapper dress adalah selutut hingga sebetis.

4. Garis PinggangGaris Pinggang

Garis pinggang pakaian di tahun 1920-an masih berpotongan di pinggang. Namun seiring berjalannya waktu, di tahun 1924, potongan pinggang pada pakaian pun turun hingga sebatas pinggul. Dan begitulah flapper dress ini dikenal. Di masa inilah awal mula dikenalnya pakaian dengan model sederhana yang praktis. Karena itulah, kebanyakan flapper dress memiliki model pakaian yang simple. Cukup dengan berbagai pilihan warna yang eyecatching, penampilan tetap akan terlihat menarik dan mempesona.

Hingga saat ini, dunia fashion terus saja mengalami perkembangan dan juga inovasi menarik dari tahun ke tahun. Dunia fashion juga terus menghadirkan banyak desainer – desainer berbakat yang menciptakan berbagai gaya busana baru yang tentunya sangat menarik untuk diikuti. Selain itu, teknologi juga berpengaruh dengan adanya perkembangan fashion dan juga menjadi salah satu patok untuk mengembangkan ide desain yang dimiliki desainer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *